BANNER ENIE WIDHIASTUTI

Pages

28 Oktober 2013

Catatan Harian Enie Widhiastuti (6)

Hari ini kita sebagai bangsa memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-85 tahun. Perjalanan yang panjang dari sebuah tekad yang diikrarkan oleh pemuda-pemudi Indonesia kala itu seolah menjadi tonggak untuk mencapai kemerdekaan di tahun 1945 (Proklamasi 17 Agustus 1945). Dalam sejarah peradaban bangsa, pemuda merupakan aset bangsa yang sangat mahal dan tak ternilai harganya. Kemajuan atau kehancuran bangsa dan negara banyak tergantung pada kaum mudanya sebagai agent of change (agen perubahan). Sejarah mencatatkan peran pemuda bagi kelangsungan bangsa ini. Pada setiap perkembangan dan pergantian peradaban selalu ada darah muda yang mempeloporinya.

Bung Karno adalah pemimpin yang sangat concern atas peranan pemuda. Dalam pidatonya yang berapi-api dan semangat membara mengatakan, "Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia." Dibuku Soekarno Penyambung Lidah rakyat Indoensia, ia menegaskan "Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia".

Pemuda merupakan salah satu elemen bangsa yang selalu berdiri digaris depan dalam menghadapi berbagai persoalan bersama. Dalam sejarahnya, fakta menunjukkan bahwa pemuda adalah elemen utama yang melahirkan momen-momen penting dalam sejarah perubahan di negeri ini. 

Dari peran kecil hingga porsi peranan yang jauh lebih besar, tampaknya pemuda selalu menggeliatkan semangatnya. Itu sebabnya, saya selalu berpesan pada generasi muda untuk selalu menjaga aura perubahan yang sudah tertanam jauh dan dibulatkan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Saya sedih jika mendapati pemuda tanpa semangat, lemah motivasi hidup dan akrab dengan keputusasaan. Bahwa problematika kehidupan memang dihadapi semua orang, termasuk pemuda. Namun itu bukan alasan untuk berpangku tangan apalagi putus asa. "Bukankah tak ada jaminan kesuksesan tanpa upaya, sebaliknya kegagalan adalah jaminan bagi yang tak berbuat apa-apa", inilah prinsip yang harus tertanam dibenak semua pemuda masa kini.


0 komentar:

Posting Komentar