BANNER ENIE WIDHIASTUTI

Pages

04 September 2013

Catatan Harian Enie Widhiastuti (3)

Menumbuhkan kesadaran politik untuk banyak pihak memang bukan pekerjaan mudah. Masyarakat semakin kritis, semakin cerdas. Disisi yang lain, politik seolah terlahir sebagai "sesuatu" yang ibarat dua mata pedang. Satu sisi dibutuhkan, dan sisi yang lain diacuhkan. Pada titik -dibutuhkan-, politik seolah menjadi magnet besar yang mampu menghipnotis banyak orang. Disisi yang lain, politik dianggap alat semata, yang kadang menjerumuskan banyak orang juga.

Secara pribadi saya tak menafikan bahwa dunia politik acapkali membuat seseorang begitu kuat pengaruhnya pada banyak hal. Ini jika dicermati tentu multi tafsir, banyak tafsir yang harus dijelaskan. Bisa saja berpengaruh pada aspek-aspek positif dan sebaliknya mempengaruhi untuk hal-hal yang justru bernilai negatif. Dari pemikiran diatas, saya berkeyakinan bahwa hal-hal yang positif atau negatif amatlah bergantung dari seseorang sebagai pribadi-pribadi, sangat personal untuk mengukur apakah politisi membawa dampak kebaikan atau keburukan untuk banyak hal.


Saya menjalani kehidupan politik secara alamiah dan ikatan yang paling dasar adalah persoalan ideologis. dari pondasi yang paling fundamental inilah kemudian saya mencerna bahwa politik harus sebesart-besar membawa manfaat dalam kehidupan keseharian saya, keluarga dan kerabat, lingkungan, partai yang saya naungi, bahkan untuk negara, bangsa dan agama yang saya anut. 


0 komentar:

Posting Komentar